Selamat Datang

TIK

Jumat, 26 November 2010

Fungsi Kombinasi Tombol Pada Keyboard

Ctrl A :Memblok keseluruhan.

Ctrl B :Mengorganisir favorite.

Ctrl C :Menambah alamat halaman web yang sedang dibuka ke favorites.

Ctrl E :Menampilkan/menyembunyikan search.

Ctrl F :Mencari halaman web.

Ctrl H :Menampakan/menyembunyikan history.

Ctrl I :Menampilkan/menyembunyikan faforites.

Ctrl O :Menampilkan kotak dialog open.

Ctrl P :Mencetak halaman web yang sedang dibuka.

Ctrl R :Merefresh galaman web terbaru.

Ctrl V :Mem paste isi clipboard.

Ctrl W :Keluar dari amplikasi dan menutup jendela.

Ctrl X :Memotong blok terpilih.

Ctrl Z :Membatalkan perintah dan menutup jenjdela.

F1 :Fasilitas help.

F3 :Memunculkan/menghilangkan bar search explorer.

F4:Daftar drop down dari kotak address.

F5 :Merefres halaman web yang aktif.

F10 :Mengarahkan fokus ke menu bar.

Shift F10 :Membuka menu pintas, sama seperti mengklik kanan.



1. Tombol ALT berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.



2. Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRL-C akan berguna untuk menyalin saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL-V.



3. Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan



4. Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.



5. Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.



6. Pada Window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.



7. Tombol Arah berfungsi menggerakan penunjuk karakter (kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.



8. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.



9. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.



10. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.



11. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.



12. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Up akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada.



13. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Down akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar