Selamat Datang

TIK

Kamis, 18 November 2010

Jenis-jenis browser untuk mengakses halaman web

Web browser adalah software yang digunakan untuk menampilkan dan berinteraksi dengan teks, gambar, dan informasi lain yang ada di halaman web.

Web browser dapat mengakses informasi dengan cepat dan mudah. Entah itu berada di dalam jaringan WWW atau di jaringan komputer lokal.

Di era sekarang, web browser sudah cukup banyak dikembangkan. Di antara beberapa yang cukup terkenal adalah sebagai berikut :

Internet Explorer
Pangsa pengguna sebesar 78,89 %. Internet Explorer merupakan salah satu produk dari Microsoft. Internet Explorer umumnya dikenal sebagai software browser bawaan sistem operasi sejuta umat Microsoft Windows. Hingga kini, Internet Explorer masih merajai penggunaan web browser.




Mozilla Firefox
Pangsa pengguna Mozilla Firefox adalah sebesar 14,37 %. Dibangun dengan dasar sebagai browser cross platform (bisa diaplikasikan di sistem operasi apa saja) Mozilla Firefox menjadi pesaing Internet Explorer. Mozilla Firefox hingga kini terus berkembang pesat seiring dengan berkembangnya plugin-plugin tambahan yang bisa diaplikasikan di web browser ini. Tercatat lebih dari ribuan plugin yang sudah dikembangkan. Tidak salah jika Mozilla Firefox lebih disukai kalangan expert.


Safari
Pangsa pengguna sebesar 4,56 %. Safari adalah web browser yang dikembangkan oleh Apple Inc. Safari pada awalnya dirilis untuk pengguna MacOS X. Namun, seiring dengan perkembangannya, web browser ini juga sudah bisa diaplikasikan untuk Microsoft Windows.






Opera
Pangsa pengguna Opera 0,89 %. Sama halnya dengan web browser lainnya, opera sudah dapat diaplikasikan di banyak sistem operasi. Opera lebih dikenal sebagai web browser untuk penggunaan aplikasi mobile (hand phone).




Netscape
Pangsa pengguna 0,75 %. Netscape pernah populer di masa awal perkembangannya. Namun, karena persaingan yang ketat, akhirnya Netscape turun takhta dan menjadi salah satu web browser yang kurang dikenal. Netscape dikembangkan oleh perusahaan bernama Netscape Communicatons Corp yang saat ini menjadi anak perusahaan AOL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar