Selamat Datang

TIK

Minggu, 28 November 2010

MENULIS RUMUS STRUKTUR KIMIA ORGANIK

Dalam edisi terdahulu kita telah mencoba bagaimana caranya menulis rumus molekul menggunakan menu ChemFormula dalam MS Word. Sekarang kita akan mencoba bagaimana caranya menulis rumus struktur kimia karbon atau kimia organik. Untuk itu kita butuh software khusus yang digunakan untuk menulis rumus struktur kimia dan tentunya bukan Microsoft Word. Karena Microsoft Word memang diciptakan bukan untuk memenuhi kebutuhan akan tulis-menulis rumus struktur kimia melainkan untuk urusan dokumen. Sekarang banyak software yang dapat digunakan untuk menulis rumus struktur kimia, dari yang gratisan seperti ChemSkecth dan MDL ISIS Draw atau yang original alias tidak gratis seperti Chem Office, Chem Office Draw, Chem-4D Draw dan lain-lain. Kali ini kita akan mencoba menulis rumus struktur kimia organik menggunakan software gratisan yaitu MDL ISIS Draw 2.5 .Software ini memang gratis sehingga kita bebas mengunduh dan menggunakan sesuka hati. Daripada kita menggunakan software bajakan lebih baik kita pakai software yang gratisan


. Silahkan unduh di http://tigger.uic.edu/~magyar/Lab_Help/Software/software.html . Setelah software berhasil kita undah dan install ke PC, sekarang jalankan program MDL ISIS Draw 2.5 dengan mengeklik Start > Program > MDL ISIS Draw 2.5. Saat kita pertama kali menjalankan MDL ISIS Draw 2.5 akan muncul lembar kerja berikut:

Sekarang kita siap untuk berkreasi menulis rumus struktur kimia organik. Bagaimana caranya ? Langkah-langkah berikut dapat dicoba :
Untuk menuliskan rumus struktur rantai karbon lurus, misalnya C8H18 (Oktana) klik Chain; pada toolbox.
Drag kekanan sampai menunjuk angka 8. Hasilnya akan tampak seperti berikut:

Untuk membuat cabang klik atom C yang akan diberi cabang dan klik pada ikatan C ─ C kalau mau membuat ikatan rangkap.
Untuk menampilkan atom hidogennya pilih menu Options > Seting kemudian klik tab Chemical Drawing.
Pada menu drop down Show hydrogen labels pilih on all , kemudian klik OK.
Jika muncul kotak dialog berikut klik
yes

Hasilnya menjadi seperti tampak berikut:

Sedangkan untuk menulis struktur senyawa aromatik misalnya Naftalena (Kamfer atau kapur barus) dengan rumus molekul C10H8 klik Benzene; pada tool box, kemudian klik pada salah satu rantai karbonnya.

Selain kita bisa berkreasi membuat rumus struktur senyawa karbon sendiri , MDL ISIS Draw 2.5 juga menyediakan Templates berbagai macam rumus struktur karbon, misalnya asam amino. Untuk menampilkannya pilih menu Templates > Amino Acids. Kemudian klik asam amino yang diiinginkan.

Bagi yang sudah terbiasa dengan MS Word rumus yang sudah dibuat juga bisa di Copy Paste.
Trus kalau mau buat teks atau buat soal juga bisa karena tersedia tool box Teks ; dan hasilnya bisa langsung diprint dari menu File. Dengan software MDL ISIS Draw 2.5 menulis rumus struktur kimia menjadi terasa mudah dan kita juga bisa berkreasi membuat rumus struktur dengan bebas. Pokoknya di jamin komplit !.
Mudah-mudahan uraian tersebut bermanfaat dan membuat kita lebih menyukai ilmu kimia. OK selamat mencoba……..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar